Rabu, September 09, 2015

Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas



Gunung Merbabu, terletak di Jawa Tengah dengan dua puncaknya. Ketinggian 3.142 mdpl pada puncak Kenteng Songo, dan ketimggiam 3.119 mdpl pada puncak syarif.
Puncak Gunung Merbabu dapat ditempuh dari jalur cunthel, thekelan, wekas, selo, dan yang terbaru jalur suwanting.


Transportasi



Untuk menuju basecamp merbabu jalur wekas yang berletak di daerah Kopeng, Magelang, Kaponan desa Wekas membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan, dengan media transportasi kendaraan roda 2.


Retribusi

Basecamp Adi Putra, salah satu basecamp Gunung Merbabu jalur wekas, pendaki dikenakan biaya retribusi kurang lebih sebesar Rp 15.000,- (lima belas ribu rupiah) pergundul, sudah termasuk biaya parkir motor.
Pendaki tidak akan kecewa dengan retribusi sedemikan rupa, dibandingkan dengan apa yang dapat pendaki nikmati selama perjalanan menuju puncak Gunung Merbabu.

Pendakian Jalur Wekas
peta jalur wekas

Sepanjang perjalanan menuju pos 1 pendaki masih dapat menjumpai perkebunan penduduk sekitar dan makam di sisi kiri perjalanan. Perjalanan menuju pos 2 pendaki akan melewati hutan pinus, jika beruntung pendaki akan menjumpai kera di pepohonan.
Lahan yang lapang dan ada jalur pipa sebagai sumber air menandakan pendaki sampai di pos 2, di sisi kiri atas terlihat pos pemancar. Luasnya pos 2, dapat digunakan untuk menampung para pendaki yang ingin mendirikan tenda. Pendaki akan merasa lebih nyaman medirikan tenda di pos 2, selain terdapat sumber air, masih banyaknya pohon pohon tinggi di sekitar camping ground membuat aman tenda para pendaki dikala badai datang.

Selama perjalan dari pos 2 menuju puncak kenteng songo, pendaki dapat melihat antara bukit bukit dan bebatuan. Ketika pendaki menjumpai pertigaan dengan banyak batu batuan besar, tepatnya “watu tulis” pendaki akan di beri pilihan, antara jalur kiri atau kanan. Jika pendaki ambil jalur kiri, maka pendaki akan di arahkan menuju puncak pemancar. Sebaliknya jika pendaki ambil jalur kanan akan menuju puncak kenteng songo dan puncak syarif.

Disini kami memilih ambil jalur kanan menuju puncak kenteng songo. Untuk menuju ke puncak kenteng songo, pendaki akan disuguhi pemandangan yang sangat menawan, track yang bersahabat dan berbukit bukit. Ketika pendaki menjumpai track yang landai, menandakan pendaki akan menjumpai jembatan setan yang berarti tinggal 2 tanjakan menuju kenteng songo.
Jembatan Setan




Share this

Seorang laki laki yang telah beristri dan memiliki buah hati.

2 Responses to "Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas"

  1. this is awsome! really. keep going ocit... daki semua gunung ya. di tunggu cerita selanjutnya

    BalasHapus
  2. gak kalah keren kok puncak syarif

    BalasHapus

silahkan tinggalkan kritik dan saran anda