Minggu, September 27, 2015

Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran salah satu gunung Jawa Tengah yang berada di wilayah Kabupaten Semarang, Bandungan. Gunung Ungaran termasuk gunung berapi tipe strato dengan puncak tertinggi 2.050 mdpl.

Basecamp Mawar salah satu jalur yang sering digunakan untuk mendaki Gunung Ungaran, dapat dijadikan area camping keluarga. Camping area tersebut biasanya akan penuh sesak saat weekend terlebih lagi jika musim liburan. Tidak lupa juga, Pondok Kopi Bandungan ataupun Ungaran menjadi salah satu tempat kongkow para anak muda.
Kearsipan Universitas Diponegoro
Raker dan Upgrading di Mawar (Camping area)
Tempat Wisata Semarang
Pondok Kopi


Butuh waktu sekitar 4 - 5 jam dari basecamp mawar untuk menuju puncak Gunung Ungaran.

Perjalanan mulai dari basecamp mawar menuju pos dua, pendaki akan disuguhi suasan pepohonan yang rindang dan jalur landai dengan sedikit tanjakan. Jika pendaki menumui aliran sungai menandakan pendaki akan sampai menuju pos dua.


Kolam renang dan bak penampungan air dapat dijumpai para pendaki setelah melewati pos dua. Biasanya para pendaki rehat sejenak di tempat ini sesambilnya mengisi air minum.
Tak selang berapa lama pendaki akan disuguhi medan landai diantara perkebunan kopi sampai pertigaan antara Puncak Gunung Ungaran dan Desa Promasan. Ambil jalur kiri (menanjak) jika pendaki ingin ke Puncak Gunung Ungaran. Sedangkan jalur lainnya akan mengarahkan pendaki ke Desa Promasan.


DESA PROMASAN

Pemandangan Gunung Ungaran melalui Desa Promasan tidak kalah indahnya dengan Puncak Gunung Ungaran. Terdapat tempat lapang untuk mendirikan tenda di antara rumah rumah warga Desa Promasan.

Goa Jepang, salah satu tempat yang menarik di Desa Promasan. Terdapat lorong lorong kecil baik kanan ataupun kiri di dalam Goa Jepang tersebut. Letak Goa Jepang tidak jauh dari masjid Desa Promasan dekat dengan Pemandian umum terbuka yang berisikan patung dewi dewi dan makam.


Gunung Ungaran
Goa Jepang

PUNCAK GUNUNG UNGARAN

Perjalanan menuju puncak setelah melewati perkebunan, pendaki akan melewati jalur tanjakan bebatuan. Selama perjalanan menuju Puncak Gunung Ungaran tidak dapat ditemui lagi sumber mata air ataupun bak penampungan air.

Pendaki akan disuguhi pemandangan berupa tebing tebing, bebatuan, dan pohon pohon rindang yang besar. Jika pendaki beruntung, pendaki dapat menjumpai satwa monyet.Banyaknya puncak bayangan menjadi tantangan tersendiri bagi pendaki yang pertama kali mendaki Gunung Ungaran. 

Puncak Gunung Ungaran dengan ketinggiannya 2.050 mdpl, terdapat tugu dan tiang bendera untuk Upacara Bendera bagi para pendaki yang merayakan HUT RI di Gunung Ungaran. Sebelumnya Puncak Gunung Ungaran sering dijadikan tempat mendirikan tenda, kini camp ground di alihkan di hutan hutan yang terletak di belakang tugu.

Gunung Ungaran
tenda para pendaki di belakang tugu Puncak Ungaran






Share this

Seorang laki laki yang telah beristri dan memiliki buah hati.

4 Responses to "Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar"

silahkan tinggalkan kritik dan saran anda